Cara Praktis Mengatasi Jerawat yang Muncul di Wajah

Jerawat merupakan radang pada kulit yang mengganggu penampilan seseorang. Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara mengatasi jerawat yang muncul di wajah. Metode paling efektif untuk melawan jerawat termasuk kombinasi pencegahan dan perawatan kulit yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mencegah dan mengobati jerawat:

Latihan

Olahraga teratur dapat membantu melawan jerawat dengan melawan tingkat stres negatif yang diakibatkan oleh harga diri negatif dan depresi. Tetapi hindari mengenakan pakaian lycra dan nilon yang ketat.

Kain sintetis cenderung memerangkap kelembapan dan panas tubuh, menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh. Gunakan pakaian longgar yang terbuat dari katun atau campuran alami, dan jaga kebersihan perlengkapan dan peralatan olahraga.

Kosmetik yang Aman

Untuk menghindari penyumbatan pori-pori dan iritasi kulit yang dapat menyebabkan jerawat, gunakan produk berlabel “non-komedogenik” atau “bebas minyak”. Pilih parfum dan kosmetik “hipoalergenik” untuk menghindari reaksi alergi dan iritasi kulit. Turunan tar batubara, merah tua dan krim kental dalam perona pipi dapat menyebabkan reaksi.

Cat wajah yang mengilap dapat mengandung mineral bersisik yang disebut mika yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyumbat pori-pori. Gunakan lip gloss dengan finishing matte untuk mengurangi penyumbatan pori-pori. Semakin tinggi kilapnya, semakin tinggi kandungan komedogeniknya dan semakin banyak pori-pori Anda yang tersumbat.

Melakukan Diet Sehat

Studi menunjukkan bahwa diet tidak berperan baik dalam penyebab atau pengobatan jerawat. Namun, apa yang terbaik untuk tubuh Anda adalah yang terbaik untuk kulit Anda. Jadi pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan suplemen yang telah diketahui dan direkomendasikan untuk mencegah dan membantu mengatasi jerawat.

Hal ini termasuk vitamin A atau retinol (dosis tinggi bersifat toksik), vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, L-Karnitin, dan seng.

Multivitamin bermerek berkualitas baik kemungkinan besar memiliki vitamin dan mineral yang direkomendasikan yang Anda butuhkan untuk membantu pencegahan jerawat. Minumlah banyak cairan sepanjang hari dan buatlah pilihan makanan diet yang baik dan sehat.

Perawatan Hormonal

Hormon (atau kekurangannya) di tahun-tahun berikutnya, terutama bagi wanita, dapat berperan dalam munculnya dan pencegahan jerawat. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa sekitar 50% wanita mengalami jerawat, yang dikenal sebagai jerawat hormonal, selama seminggu sebelum menstruasi.

Pilihan pengobatan termasuk retinoid topikal, antibiotik oral, dan benzoil peroksida untuk remaja. Untuk orang dewasa, kontrasepsi oral atau pil KB hormonal dan terapi penggantian hormon (HRT) dapat membantu wanita, dikombinasikan dengan perawatan sistemik atau topikal, produk resep atau obat bebas, dan obat-obatan.

Regimen Kulit Sehat

Hindari menggosok terlalu banyak. Hal ini karena dapat menyebabkan kemungkinan iritasi kulit atau kemungkinan produksi minyak yang berlebihan untuk menggantikan apa yang sedang dicuci, menyumbat pori-pori dalam prosesnya. Gunakan produk dengan bahan pengelupas yang lembut dan lewati produk yang mengandung alkohol.

Menggunakan Produk Anti Jerawat

Beberapa produk yang lebih populer di pasaran yang dapat mencegah jerawat antara lain Benzoil peroksida, Solusi Proactiv, Asam salisilat, Retinoid, Antibiotik, Kontrasepsi oral, Anti-androgen, dan Isotretinoin (Accutane).

Mencukur

Mencukur sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mengelupas atau menghilangkan kulit mati untuk membantu mencegah dan menyebarkan jerawat alih-alih membiarkan sisa-sisanya menyumbat pori-pori Anda.

Dalam beberapa kasus jerawat ringan yang sudah berlangsung, mencukur dapat membantu menghilangkan whiteheads dan blackheads dari wajah Anda. Jangan mencukur area yang sakit atau terinfeksi. Gunakan krim cukur untuk kulit sensitif.

Cukur dengan pisau tajam. Gunakan pukulan lembut alih-alih tekanan keras dan ikuti arus atau “butir”. Pisau bermata satu lebih baik daripada pisau cukur bermata dua. Pisau cukur elektrik mungkin tidak mencukur sedekat mungkin dengan kulit, tetapi alat ini membantu mencegah jerawat dan berjerawat lainnya dengan lebih baik.

Mengelola Stres

Stres meliputi stresor eksternal dan internal. Stresor eksternal adalah hal-hal yang mengganggu kemampuan kulit untuk sembuh, seperti riasan berminyak dan terlalu banyak sinar matahari.

Stresor internal seperti kecemasan, ketakutan, rendah diri, depresi, dan berbagai emosi internal lainnya, dapat memicu reaksi kimia di dalam tubuh yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan iritasi kulit lainnya.

Untuk memerangi stresor internal dan mencegah masalah jerawat, banyak istirahat dan tidur. Cobalah untuk menjaga jam reguler. Simpan daftar “Hal-hal yang Menenangkan Anda” di saat-saat stres, seperti membaca buku, istirahat, mendengarkan musik, jalan-jalan.

Itulah beberapa cara praktis untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah. Lakukan langkah pertama hingga akhir secara konsisten dan benar agar hasilnya maksimal. Semoga bermanfaat.