Tips Anti Mabuk Saat Naik Bis Wisata

Tips Anti Mabuk Saat Naik Bis Wisata
Source: kumparan.com

Bis wisata adalah salah satu kendaraan yang sering digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh atau liburan bersama keluarga atau teman-teman. Namun, bagi sebagian orang, naik bis wisata bisa menimbulkan rasa mual dan mabuk yang tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa cara dari KliqPedia yang dapat dilakukan agar tidak mabuk saat naik bis wisata.

Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Pemilihan tempat duduk yang tepat dapat membantu mengurangi mual dan mabuk saat naik bis wisata. Pilih tempat duduk yang berada di bagian depan bis atau di tengah-tengah bis karena tempat duduk tersebut memiliki getaran yang lebih sedikit dibandingkan dengan tempat duduk di belakang bis.

Hindari Makan Makanan Berat Sebelum Perjalanan

Menurut berita Blitar, makan makanan berat sebelum perjalanan dapat meningkatkan risiko mual dan mabuk saat naik bis wisata. Hindari makan makanan berat seperti makanan pedas, berlemak, atau berat sebelum perjalanan. Sebaiknya makan makanan ringan seperti buah-buahan atau roti sebelum naik bis wisata.

Hindari Bau yang Kuat

Bau yang kuat dapat meningkatkan risiko mual dan mabuk saat naik bis wisata. Hindari bau-bauan yang kuat seperti parfum, rokok, atau bahan pembersih sebelum naik bis wisata. Jika memungkinkan, mintalah sopir bis untuk tidak merokok atau menyemprotkan pembersih dengan bau yang kuat sebelum perjalanan.

Jaga Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh yang tidak baik dapat meningkatkan risiko mual dan mabuk saat naik bis wisata. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat sebelum naik bis wisata. Jangan naik bis wisata jika sedang sakit atau mengalami masalah kesehatan seperti migrain atau sakit perut.

Minum Obat Anti-mabuk

Jika memang diperlukan, minum obat anti-mabuk sebelum naik bis wisata dapat membantu mengurangi risiko mual dan mabuk. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum minum obat anti-mabuk karena ada beberapa obat yang memiliki efek samping dan tidak boleh dikonsumsi oleh orang tertentu.

Fokus pada Satu Titik

Fokus pada satu titik seperti horison atau benda yang diam dapat membantu mengurangi risiko mual dan mabuk saat naik bis wisata. Hindari fokus pada benda yang bergerak seperti pemandangan atau orang yang berjalan di sekitar bis karena hal ini dapat meningkatkan risiko mual dan mabuk.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sebelum perjalanan dapat membantu mengurangi risiko mual dan mabuk saat naik bis wisata. Pastikan untuk tidur yang cukup sebelum perjalanan dan istirahat sejenak selama perjalanan jika memungkinkan.

Gunakan Bantal Leher

Menggunakan bantal leher selama perjalanan dapat membantu mengurangi risiko mual dan mabuk karena bantal leher dapat memberikan dukungan dan kenyamanan pada leher dan kepala. Selain itu, bantal leher juga dapat membantu mencegah leher menjadi kaku selama perjalanan yang bisa memperburuk kondisi mual dan mabuk.

Minum Air Putih

Menurut Webinarmoe, minum air putih selama perjalanan dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi risiko mual dan mabuk. Selain itu, dehidrasi juga dapat membuat kondisi mual dan mabuk menjadi lebih parah.

Jangan Membaca atau Menggunakan Ponsel

Membaca atau menggunakan ponsel selama perjalanan dapat membuat mata dan otak menjadi lebih cepat lelah, yang dapat memperburuk kondisi mual dan mabuk. Sebaiknya hindari membaca atau menggunakan ponsel selama perjalanan dan cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan hal-hal lain seperti musik atau podcast.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, risiko mual dan mabuk saat naik bis wisata dapat dikurangi dan perjalanan bisa menjadi lebih nyaman. Selalu ingat untuk tetap berhati-hati dan mengikuti aturan serta petunjuk dari sopir bis wisata untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.